Image of Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage Dan Environmental Performance Terhadap Environmental Disclosure (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Menjadi Peserta Proper Tahun 2018-2020)

Text

Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage Dan Environmental Performance Terhadap Environmental Disclosure (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Menjadi Peserta Proper Tahun 2018-2020)



SARIrnrnPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tipe industri, ukuranrnperusahaan, profitabilitas, leverage dan environmental performance terhadaprnenvironmental disclosure. Pengukuran tingkat environmental disclosurernmenggunakan skor Global Reporting Initiative (GRI). Terdapat 95 penilaian untukrnmendeteksi tingkat environmental disclosure. Penelitian ini mengacu padarnpenelitian yang dilakukan oleh Van De Burgwal dan Vieirra pada tahun 2014rndengan beberapa perubahan dan perbaikan.rnPopulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan nonrnkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020.rnPerusahaan yang masuk dalam kriteria pemilihan penelitian sebanyak 35rnperusahaan. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode purposivernsampling dengan pemilihan kriteria perusahaan yang menjadi peserta PROPER.rnData yang dianalisis sebanyak 105 data pengamatan. Alat analisis utamarnpenelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.rnHasil penelitian menunjukan bahwa variabel tipe industri, ukuranrnperusahaan, profitabilitas dan environmental performance berpengaruh signifikanrnterhadap environmental disclosure. Sedangkan variabel leverage tidakrnberpengaruh secara signifikan terhadap environmental disclosure. Berdasarkanrnhasil regresi secara simultan diperoleh bahwa 86,92% variasi variabel tipernindustri, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan environmentalrnperformance secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadaprnenvironmental disclosure.rnSaran dari penelitian ini adalah perusahaan hendaknya memberikanrnperhatian dan meningkatkan pengungkapan tanggungjawab lingkungan.rnPemerintah juga diharapkan untuk mempertimbangkan standar pengungkapanrnlingkungan. Dan untuk penelitian selanjutnya perlu melakukan perkembanganrnfaktor-faktor lain sebagai pengaruh environmental disclosure serta menggunakanrnpengukuran pengungkapan lingkungan lainnya.rnrnKata kunci: Environmental Disclosure, Tipe Industri, Ukuran Perusahaan,rnProfitabilitas, Leverage, environmental performance.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
21 AKT 125
Penerbit FE UNNES : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini