Image of Efektivitas Flipping Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Video Online Berbasis Latihan.

Text

Efektivitas Flipping Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Video Online Berbasis Latihan.



SARIrnrnApriliani, Fitri. 2022. Efektivitas Flipping Learning untuk Meningkatkan HasilrnBelajar Siswa dalam Pembelajaran Video Online Berbasis Latihan. Skripsi.rnJurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.rnPembimbing Dr. Margunani, M.P.rnKata Kunci: Berbasis Latihan. Flipping Learning. Hasil Belajar Siswa. VideornOnline.rnPandemi Covid-19 memberikan dampak pada berbagai bidang, termasukrndalam bidang pendidikan. Guna mengatasi masalah tersebut, pemerintahrnmengambil kebijakan pelaksanaan pembelajaran secara online. Guru dituntutrnuntuk menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuanrnuntuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran flipping learning dalamrnpembelajaran video online berbasis latihan untuk meningkatkan hasil belajarrnsiswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 2 Temanggung.rnJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitianrnkuantitatif dengan jenis desain penelitian Quasi Experimental Design. Populasirndalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 2rnTemanggung Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan terhadap 2 kelasrnsampel yang terbagi ke dalam kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol danrnkelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian yang diolahrnadalah data penelitian primer yang dikumpulkan menggunakan soal pre-test danrnpost-test. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisisrndeskriptif, paired sample t-test dan independent sample t-test.rnHasil penelitian menunjukkan (1) berdasarkan analisis deskriptif, danrnmenggunakan paired sample t-test model pembelajaran flipping learning berbasisrnlatihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) berdasarkan analisis deskriptif,rndan menggunakan paired sample t-test model pembelajaran flipping learningrntanpa latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) berdasarkan analisisrndeskriptif, dan menggunakan independent sample t-test model pembelajaranrnflipping learning berbasis latihan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajarrnsiswa dibandingkan dengan model pembelajaran flipping learning tanpa latihan.rnSimpulan penelitian bahwa model pembelajaran flipping learning berbasisrnlatihan lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran flipping learningrntanpa latihan. Saran dari penelitian ini adalah model pembelajaran flippingrnlearning berbasis latihan dijadikan sebagai alternatif pilihan yang dapat digunakanrnuntuk proses pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi. Pendidik dapatrnmenggunakan media interaktif video dalam mengajar, supaya siswa lebih mudahrnmemahami materi yang disampaikan karena siswa akan lebih mudah mengulang-rnulang materi diluar jam pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakanrnpendekatan flipping learning hendaknya diterapkan pada materi lainnya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
22 P AKT 021
Penerbit FE UNNES : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini