No image available for this title

Text

Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasirndan learning organization pada Kinerja melalui Kepuasan Kerja ( Studi padarnKaryawan PT. BPR BKK Jepara (Perseroda) ).



SARIrnrnWidiyarta Agung Dwi Saputra. 2021. Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasirndan learning organization pada Kinerja melalui Kepuasan Kerja ( Studi padarnKaryawan PT. BPR BKK Jepara (Perseroda) ). Jurusan Manajemen. FakultasrnEkonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dra. Palupiningdyah, M.Si.rnKata Kunci : Persepsi Dukungan Organisasi, Learning Organization,rnKepuasan Kerja, KinerjarnKinerja merupakan hasil kerja atau output yang dihasilkan oleh karyawanrnketika melaksanakan tugas-tugasnya yang dilakukan secara tanggung jawan gunarnpencapaian tujuan organisasi. Kinerja dapat diukur melalui kehadiran karyawanrnmaupun seberapa efektif dan efisien karyawan dalam menyelesaikan perkerjaan.rnKinerja dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti persepsi dukunganrnorganisasi, learning organization, dan kepuasan kerja. Penelitian ini mempunyairntujuan untuk menguji pengaruh kepuasan kerja dalam memediasi pengaruhrnpersepsijdukungannorganisasikdanblearningnorganizationkpadakkinerja.rnPopulasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. BPR BKK Jepararn(Perseroda). Teknik pengambilan sampel yang digunakan di dalam penelitian inirnadalah teknik sampling jenuh dengan menggunakan seluruh populasi menjadirnsampel sebesar 128 karyawan PT. BPR BKK Jepara (Perseroda). Metodernpengumpulan data menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Squarern(SEM-PLS) dengan progam SmartPLS 3.0.rnHasil pengujian pengaruh langsung menunjukkan bahwa persepsirndukungan organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja namunrnberpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja. Di sisi lain, Learningrnorganization berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dan kepuasan kerja.rnKemudian untuk pengujian pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwarnkepuasan kerja berpengaruh signifikan dalam memediasi pengaruh persepsirndukunganiorganisasiodanvlearningoorganizationopadaokinerja.rnSimpulan dari penelitian ini yaitu learning organization berperan pentingrnuntuk meningkatkan kinerja dan kepuasan kerja. Akan tetapi, persepsi dukunganrnorganisasi tidak berperan dalam meningkatkan kinerja namun berperan pentingrndalam meningkatkan kepuasan kerja. Selain itu kepuasan kerja berperan pentingrndalam meningkatkan kinerja serta dapat memediasi pengaruh persepsi dukunganrnorganisasi dan learning organization pada kinerja. Saran teoritis untuk penelitianrnselanjutnya agar mencari sampel yang spesifik ataupun memperluas sampel dirnsektor lain seperti ASN, perawat dan guru. Kemudian saran praktis untuk PT.rnBPR BKK Jepara (perseroda) untuk melakukan pengembangan pasar lalurnmelakukan pemetaan wilayah segmentasi pasar, membuat action plan pencapaianrntarget, serta melakukan evaluasi kembali terkait dengan kinerja danrnpenyimpangan karyawan. Kemudian mengembangkan sistem untukrnmempermudah setiap cabang PT. BPR BKK Jepara (Perseroda) mengumpulkanrnlaporan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
21 MAN 070
Penerbit FE UNNES : Semarang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini